DINAS SYARIAT ISLAM KOTA BANDA ACEH, PANTAU LANGSUNG, KEGIATAN WARGA MASYARAKAT DI BANTARAN KRUENG LAMNYONG DARUSSALAM

KABEREH NEWS | BANDA ACEH – Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh melakukan sosialisasi dan memantau penerapan syariat Islam di kawasan bantaran Krueng Lamnyong, Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala DSI Banda Aceh, Ridwan Ibrahim SAg MPd, bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Banda Aceh. Kegiatan ini juga didampingi oleh Camat Syiah Kuala TM Syukri S.Sos, MAP, serta personel dari Polsek Syiah Kuala. Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (15/05/2024) sore.

Kepala DSI Banda Aceh, Ridwan Ibrahim yang didampingi Sekretaris DSI Rahmat Saiful Bahri SSos SE MM, Kabid Dakwah Irwanda M Jamil S.Ag dan sejumlah pegawai DSI Kota Banda Aceh lainnya, mengimbau masyarakat agar menerapkan syariat Islam sesuai dengan hukum yang berlaku serta meminta para pedagang di bantaran Krueng Lamnyong untuk menyediakan pencahayaan yang memadai di lapak mereka. Langkah ini diambil untuk mencegah kemungkinan terjadinya pelanggaran syariat di area tersebut. Sehingga kegiatannya untuk mencari nafkah sekaligus bernilai islami dan halal, tegas Tgk. Irwanda M. Jamil yang ikut mendampinginya.

Selain itu, DSI Kota Banda Aceh memberikan nomor kontak pengaduan terhadap para pedagang untuk melaporkan jika terjadi kemaksiatan di lapak jualannya. Pedagang juga diingatkan bahwa jika terjadi tindakan kemaksiatan di area lapak mereka, sanksi tegas akan dikenakan tidak hanya kepada pelaku, tetapi juga kepada pedagang yang dianggap membiarkannya. Sanksi yang dikenakan kepada pedagang akan dua kali lipat lebih berat dibandingkan dengan sanksi untuk pelaku kemaksiatan.

Kepala DSI Banda Aceh Ridwan Ibrahim mengungkapkan, peninjauan tersebut bertujuan untuk memastikan penerapan syariat Islam berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurutnya, "kegiatan yang bekerjasama dengan instansi pemerintahan di tingkat Kota Banda Aceh dan kecamatan, serta aparat kepolisian tersebut, juga sebagai bentuk pengawasan rutin terhadap aktivitas masyarakat," di Kota Banda Aceh, khususnya di sepanjang bantaran Krueng Lamnyong.

“Kerjasama antara DSI, WH, Camat, dan Polsek Syiah Kuala ini sangat penting untuk memastikan syariat Islam dijalankan dengan baik dan benar,” ujar Ridwan.
Di sisi lain, Camat Syiah Kuala, T.M. Syukri, juga menegaskan komitmennya dalam mendukung upaya tersebut. “Kami siap mendukung penuh semua program yang bertujuan untuk memperkuat penerapan syariat Islam di wilayah kami, dan itu juga harus menjadi perhatian dan keikutsertaan masyarakat dengan sungguh-sungguh”, katanya.

“Sosialisasi dan pemantauan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan syariat Islam, serta menciptakan lingkungan yang lebih kondusif dan Islami di Kota Banda Aceh,” sebut Pak Camat.

Akhirnya, Kabid Dakwah, Tgk. Irwanda M. Jamil, S.Ag, menyebutkan sosialisasi dan kegiatan ini terus akan dilanjutkan untuk memastikan bahwa semua warga Kota Banda Aceh akan senantiasi patuh dan taat untuk menjalankan syariat Islam dengan baik. Sehingga Akan terwujud masyarakat madani, di kota gemilang, mengakhiri komentar dan harapannya.(*)

0/Post a Comment/Comments