Semi Final Piala Asia U23: Timnas U23 Gagal ke Final Usai Kalah 0- 2 dari Uzbekistan, Dua Kali Tak Diuntungkan VAR

Suasana pertandingan timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). (INSTAGRAM/@TIMNAS.INDONESIA)

BANDA ACEH – Timnas U-23 Indonesia dipastikan gagal ke final usai kalah dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia. Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-2 di stadion Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4) malam WIB.

Uzbekistan baru mampu mencetak gol pada menit ke-68 melalui Husain Norchaev. Keunggulan Uzbekistan bertambah di menit ke-86 usai gol bunuh diri Pratama Arhan.

Babak pertama, Uzbekistan menguasai bola sejak menit awal pertandingan. Namun, pertahanan yang kokoh dari Rizky Ridho berhasil menyulitkan Uzbekistan. Salah satu peluang emas didapatkan oleh Uzbekistan melalui tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih membentur mistar gawang.

Pada babak kedua, Uzbekistan tetap tampil menekan. Sebuah tendangan dilepaskan oleh Odilov dari dalam kotak penalti masih melebar.

Timnas U-23 Indonesia membuat gol di menit ke-61. Umpan silang yang dilepaskan oleh Arhan gagal dihalau oleh kiper Uzbekistan. Bola kemudian ditendang Muhammad Ferarri ke gawang.

Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah mengecek VAR. Pasalnya, Sananta sudah dulu berada dalam posisi offside.

Selang beberapa menit, justru Uzbekistan malah berhasil mecetak gol ke gawang Timnas U-23. Umpan silang Muhammadqodir Hamraliev berhasil diteruskan Husain Norchaev ke gawang. Uzbekistan memimpin 1-0.

Mimpi buruk bagi Timnas U-23 datang di menit ke-83 usai Rizky Ridho di kartu merah oleh wasit usai menendang Jaloliddinov. Wasit memberikan kartu merah usai mengecek VAR.

Uzbekistan bisa mencetak gol kedua di menit ke-86. Kesalahan komunikasi antara Pratama Arhan dan Ernando Ari malah membuat bola masuk ke gawang. Uzbekistan unggul 2-0.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas U-23 dipastikan kalah dengan skor 0-2.

Harapan Posisi Ketiga dan Tiket Olimpiade

Meski kalah, Timnas U-23 tetap berpeluang lolos ke Olimpiade. Syaratnya, mereka harus menang di perebutan tempat ketiga melawan tim yang kalah antara Jepang dan Irak. Jika gagal di tempat ketiga, Indonesia masih punya kesempatan di playoff melawan wakil Afrika.(SUM)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.