Keuchik Peunayong T. Sabri Harun Menyesalkan Pernyataan Anggota DPRA Tgk M. Yunus



KABEREH NEWS |Banda Aceh - Keuchik (kepala desa) Gampong Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Teuku Sabri Harun menyesalkan pernyataan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Tgk Muhammad Yunus terkait, dugaan adanya penjualan daging babi dan anjing di Peunayong, Kota Banda Aceh.

Menurut Teuku Sabri Harun, pernyatan Tgk Muhammad Yunus sangat merugikan masyarakat Gampong Peunayong. Sebab, berimbas kepada pedagang kuliner yang ada di kawasan ini khususnya dan Kota Banda Aceh umumnya.

Bahkan Sabri mengaku, dia sudah menerima laporan dari para pedagang sate yang mengeluh ada penurunan omset penjualan mereka.

"Apakah ini karena statement tersebut atau bukan, yang jelas mereka kesal terhadap pernyataan Anggota DPRA itu," ungkap Sabri kepada media ini, Sabtu, 8 April 2023 di Banda Aceh.

Menurutnya, pernyataan yang dikeluarkan Tgk Muhammad Yunus tidak tepat, apalagi disampaikan pada Rapat Paripurna DPR Aceh dan disebarkan melalui tik-tok ke seluruh Indonesia.

"Karena itu, saya rasa ruang sidang paripurna bukan ruang ecek-ecek. Ini ruang faktual untuk mengambil satu keputusan. Menurut beliau, ada penjualan daging babi dan anjing di Peunayong. Ini sangat mengganggu tata kehidupan masyarakat kami di gampong. Terutama dengan sebutan prank orang Cina dan Batak. Jadi, ada kesan seolah-olah, orang non muslim mengacaukan tatanan kehidupan Gampong Peunayong yang selama ini dianggap sangat toleran," sebut Sabri.

Tak hanya itu, akibat pernyataan tersebut, saat ini menjadi tugas berat bagi pemerintah Gampong Peunayong, karena telah timbul keresahan dan ketidak-nyaman bagi masyarakat. Termasuk khawatiran akan terjadi aksi yang tidak diinginkan warga.

Terkait masalah ini, Sabri Harun mengaku telah berdiskusi dengan aparatur Gampong Peunayong. Hasilnya, ada yang merekomendasikan beberapa poin diantaranya; menyesalkan peryataan itu.

“Padahal selama ini kami selalu berkoordinasi dengan Kasatpol PP dan WH Kota Banda Aceh, M. Rizal, S.STP dalam hal penegakan syariat Islam dan keamanan,” jelas Sabri Harun.

Sebelumnya atau pada Sidang Paripurna DPR Aceh, Rabu, 5 April 2023. Politisi Partai Aceh Tgk Muhammad Yunus mengungkap ada penjualan daging babi dan anjing di kawasan Peunayong Banda Aceh.

Pernyataan yang disampaikan Tgk M. Yunus Yusuf dihadapan Pj Gubernur Aceh, yang diwakili Sekda Aceh serta anggota DPRA serta undangan lainnya. Lalu, rekaman videonya beredar luas di masyarakat.

Tak lama kemudian, berbagai reaksi muncul. Khususnya dari aparat gampong dan warga Peunayong. Mereka menilai, Tgk Muhammad Yunus berbicara tidak berdasarkan data, sehingga terkesan untuk mendongkrak popularitas.

“Apakah dia mendengar dari orang lain atau datang dan melihat sendiri adanya penjualan daging babi dan anjing di Peunayong,” tanya seorang warga non muslim.

Maklum, akibat pernyataan tadi, dia mengaku tidak nyaman, karena bisa merusak kerukunan yang sudah terajut selama ini.

Selain itu, pihak Yayasan Hakka (perkumpulan warga keturunan Tionghoa di Aceh), juga mengaku keberatan dengan pernyataan yang terkesan provokatif ini.

Itu sebabnya, mereka mendesak Tgk Muhammad Yunus Yusuf mencabut pernyataannya dan meminta maaf kepada masyarakat Peunayong secara terbuka melalui video, media cetak, dan berbagai aplikasi media sosial (medsos).

Tak hanya itu, mereka juga berharap Tgk Muhammad Yunus datang ke Gampong Peunayong atau perwakilannya untuk minta maaf secara langsung kepada masyarakat.

Selain itu, Keuchik Peunayong T. Sabri mengaku, mayoritas masyarakat Peunayong mendesak agar kasus ini dibawa ke ranah hukum. Namun demikian, pihaknya berupaya melakukan mediasi, guna mencari penyelesaian terbaik.

"Secara hukum masyarakat mungkin dapat dimaafkan, tapi hukum negara tetap berjalan. Semalam mereka ingin melapor ke polisi, tapi selaku aparat pemerintahan gampong, kami berharap jangan dibesar-besarkan. Biarlah ini jadi pelajaran,” jelas T. Sabri.

"Selain itu, ada saya dengar dari laporan yang masuk kepada saya, beberapa pedagang ingin melakukan aksi protes dan menuntut kompensasi atau ganti rugi akibat pernyataan Tgk Muhammad Yunus," tuturnya.*

Sumber : Modusaceh.com

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.