Cari Tahu Sosok dan Kiprah Ketua KONI Aceh Timur Dr. Firman Dandy, SE, M.Si

Firman Dandy kembali mendaftar sebagai calon ketua umum KONI Aceh Timur. Foto: IST

Aceh Timur, kaberehnews.com - KONI Aceh Timur akan melaksanakan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) untuk pemilihan kepengurusan baru. Sebagian besar pengurus cabang olahraga (Cabor) mencalonkan kembali Dr. Firman Dandy, SE, M.Si untuk maju menjadi Ketua Umum periode kedua. Pemilihan akan digelar 13 Maret 2024.

Firman Dandy dikenal sebagai birokrat yang peduli lahraga, kiprahnya dalam membangun dunia olahraga tidak lagi di daerah, tapi juga di tingkat provinsi dengan menjadi salah satu pengurus inti KONI Provinsi Aceh.

Belakangan ini kesibukan Firman Dandy bertambah, sebagai Ketua KONI Aceh Timur yang masih menjabat, ia harus mempersiapkan Musorkab dengan baik, di sisi lain pria kelahiran Rantau Peureulak, Aceh Timur, 21 November 1977 ini juga didorong untuk maju kembali menahkodai organisasi induk olahraga tersebut untuk periode kedua.

“Terimakasih atas kepercayaan rekan-rekan pengurus dari berbagai cabang olahraga, mari perkuat kekompakan yang sudah terjalin selama ini dengan pengembangan olahraga daerah. Apa lagi ada dua event besar yang akan kita laksanakan di depan,” ujar Firman Dandy, Sabtu, 9 September 2024.

Firman Dandy Saat mendampingi Rombongan Peninjau Kesiapan Venue PON 2024 di ISC. Foto: IST

Dua event yang dimaksud Firman Dandy adalah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh yang akan berlangsung di Aceh Timur pada 6 hingga 13 Juli 2024 mendatang, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung pada 8 hingga 20 September 2024 di mana Aceh Timur menjadi salah satu tuan rumah.

Bagi Firman Dandy sebagai tuan rumah Aceh Timur harus mampu memanfaatkan kedua event tersebut untuk pembangunan daerah, tidak hanya soal legacy yang ditinggalkan, tapi bagaimana pagelaran olahraga bisa menghadirkan multiplier effect bagi pembangunan daerah.

“Olahraga juga bisa menjadi penghela laju pembangunan, berbagai event harus dimanfaatkan dengan baik. Olahraga adalah magnet yang menggerakkan para atlet dan kontingen berdatangan ke sini, momentum ini harus bisa menggerakkan roda perekonmian daerah, terutama di sektor pariwisata dan UMKM,” tambah Firman Dandy.

Doktor Program Studi Perencanaan Pembangunan lulusan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (USU) ini menambahkan, majunya kembali dirinya sebagai calon Ketua Umum KONI Aceh Timur atas dukungan beberapa cabang olahraga bertujuan untuk mewujudkan prestasi olahraga di daerah.

“KONI bertanggungjawab untuk mengelola, membina, mengembangkan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan olahraga. Aceh Timur harus benar-benar menunjukkan prestasinya pada dua even yang akan kita hadapi sebagai tuan rumah, Popda dan PON, ini yang sedang kita kerjakan,” tegasnya.

Firman Dandy yang juga Ketua Ikatan Alumni Universitas Samudera Langsa ini memang sudah lama berkecimpung di dunia olahraga. Dimulai sebagai staf sekretariat KONI Aceh Timur (2002) hingga kemudian dipercayakan menjadi Ketua KONI Aceh Timur periode 2019-2023. Dan kini dicalonkan kembali untuk periode kedua.

Pencalonan kembali Firman Dandy sebagai Ketua KONI Aceh Timur bukanlah tanpa alasan. Rekam jejak telah membuktikan bagaimana dedikasi sosok yang dekat dengan semua kalangan ini.

Saat Kabupaten Aceh Timur ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Aceh (PORA) XII tahun 2014 Firman Dandy dipercayakan sebagai Sekretaris Panitia Penyelenggara PORA. Hasilnya, melalui manajemen perencanaan yang matang, dan menjalankan peran yang mumpuni, Aceh Timur sukses menjadi tuan rumah PORA. Malahan, KONI Aceh mengakui sebagai tuan rumah PORA terbaik yang pernah dilaksanakan di Provinsi Aceh.

Bahkan, manajemen dan konsep pelaksanaan PORA di Aceh Timur itu diadopsi sekaligus menjadi patron perhelatan PORA di Aceh Besar 2018, Pidie 2022, dan selanjutnya di Aceh Jaya pada tahun 2026 mendatang.

Bukan itu saja Firman Dandy juga dipercayakan sebagai tim advisor pada setiap even PORA di Aceh. Ia juga sudah dua kali berturut-turut mendapat kepercayaan secara aklamasi sebagai tim formatur menyusun kepengurusan KONI Aceh baik pada masa kepemimpinan H Muzakir Manaf maupun saat H Kamaruddin Abu Bakar (Abu Razak).

Sementara karirnya sebagai birokrat diawali sebagai tenaga bantuan di Dinas Pekerjaan Umum Daerah Aceh Timur (2002-2003), dari sana pindah ke Sub Bagian Anggaran Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur (2003-2005), kemudian menjadi calon pegawai negeri sipil daerah pada Sub Bagian Perencanaan Anggaran Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Aceh Timur (2007-2008).

Baru pada tahun 2009 Firman Dandy diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah pada Bidang Data Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Timur. Tahun 2012 ia dimutasi ke Sub Bagian Perencanaan Anggaran Bidang Anggaran Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKKD) Kabupaten Aceh Timur.

Pada tahun 2015 Firman Dandy diangkat menjadi Kepala Seksi Perencanaan DPKKD Aceh Timur, jabatan itu dipegang hingga tahun 2018, ia kemudian dipromosikan menjadi Kepala Bidang Anggaran BPKKD Aceh Timur hingga sekarang. [redaksi]

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.