Dunia Hari Ini: Beredar Video Sejumlah Pria di Gaza Diborgol Tanpa Pakaian



Tidak sempat mengikuti berita hari ini? Jangan khawatir, kami sudah merangkum berita-berita utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir.  | Oleh ABC News


Dunia Hari Ini, edisi Jumat, 8 Desember 2023, diawali dengan laporan dari Gaza.


Para pria di Gaza diborgol dalam kondisi setengah telanjang


Sebuah stasiun TV di Israel menunjukkan sejumlah pria Palestina ditahan pihak militer dalam kondisi tanpa baju dan duduk di jalanan Gaza.


Sejumlah pria Palestina yang ditangkap dan ditelanjangi itu tampak dikelilingi tentara Israel bersenjata lengkap. REUTERS


Video-video tampaknya diambil di Beit Lahiam, Gaza utara. Salah satu video terlihat ada tangan seorang tentara, sehingga menunjukkan kemungkinan besar video tersebut diambil oleh anggota militer Israel.


Gambar-gambar lain menunjukkan para pria tersebut dibawa pergi menggunakan kendaraan pengangkut militer. IST


Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan jika "teroris telah menyerah".


"Mereka bersembunyi di bawah tanah dan keluar dan kami melawan mereka… Kami menyelidiki dan memeriksa siapa yang terhubung dengan Hamas dan siapa yang tidak," kata Daniel


Menurut laporan Al Jazeera, Euro-Mediterranean Human Rights Monitor mengatakan bahwa orang-orang tersebut ditangkap secara sewenang-wenang di Jalur Gaza utara setelah pasukan Israel mengepung dua tempat perlindungan di Beit Lahiya selama berhari-hari. UGC/AFP


Tapi surat kabar New Arab mengatakan militer Israel menangkap reporter Diaa Al-Kahlout "bersama saudara laki-lakinya, kerabatnya, dan warga sipil lainnya" di Beit Lahia.


“Al-Kahlout termasuk di antara puluhan warga Gaza yang ditangkap oleh pasukan Israel di Gaza dan dipaksa menanggalkan pakaian mereka serta digeledah dan dipermalukan sebelum mereka dibawa ke lokasi yang tidak diketahui, menurut laporan saksi mata,” katanya.


Sementara, kantor berita Al-Araby Al-Jadeed, yang juga dikenal sebagai The New Arab, mengatakan bahwa jurnalisnya Diaa al-Kahlout termasuk di antara mereka yang ditangkap dan ditelanjangi tentara Israel. Dia juga dibawa ke lokasi yang tidak diketahui. UGC/AFP


Indonesia akan bebaskan visa bagi 20 negara


Untuk mendongkrak industri pariwisata dan jumlah turis, Indonesia sedang mempertimbangkan untuk membebaskan aturan visa bagi warganegara dari 20 negara, termasuk Amerika Serikat, China, Australia, India, Korea Selatan, Jerman, Inggris, dan Prancis.


Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, yang juga mengatakan daftar negara-negara tersebut akan diselesaikan dalam waktu sebulan.


Ia mengatakan upaya ini juga sekaligus untuk meningkatkan perekonomian dan investasi.


Menurut data resmi, terdapat lebih dari 16 juta pendatang asing ke Indonesia di tahun 2019 sebelum pandemi COVID-19. Tapi di tahun ini, periode Januari hingga Oktober, hanya ada 9,49 juta orang.


Vanuatu dilanda gempa


Gempa bumi berkekuatan 7,1 skala richter mengguncang lepas pantai negara kepulauan Pasifik,Vanuatu, Kamis malam.


Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa terjadi pada pukul 23:56 malam di kedalaman 48 kilometer, sekitar 120 kilometer selatan kota Isangel dan 340 kilometer dari ibu kota Port Vila.


"Tidak ada lagi peringatan tsunami akibat gempa ini," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik setelah merevisi penilaian awalnya.


Sebelumnya disebutkan bahaya tsunami akibat gempa mungkin terjadi dalam jarak 300 kilometer dari pusat gempa di sepanjang pantai Vanuatu dan Kaledonia Baru.


Pelontar komentar rasis terhadap Meghan dihukum


Enam mantan polisi London dijatuhi hukuman penjara sementara, karena membagikan pesan berbau rasis di WhatsApp, yang memuat referensi kepada Meghan Markle dan anggota keluarga kerajaan lainnya.


Dalam sebuah pernyataan setelah sidang hukuman, Komandan James Harman, yang memimpin Komando Anti-Korupsi dan Penyalahgunaan Kepolisian Metropolitan, mengatakan "pesan-pesan bernada rasis dan diskriminatif tersebut benar-benar mengerikan".

Tiga buah pesan yang ditulis menampilkan komentar rasis tentang Meghan, istri dari Pangeran Harry. Ibu Meghan berkulit hitam dan ayahnya berkulit putih.


"Mengingat para terdakwa pernah menjabat sebagai polisi, kami menyadari bahwa kasus ini bisa semakin merusak kepercayaan terhadap kepolisian," kata James.


Keenam petugas yang semuanya sudah pensiun tersebut didakwa setelah penyelidikan program Newsnight BBC, yang menemukan pengiriman pesan antara Agustus 2018 dan September 2022, setelah mereka semua pensiun.


Perempuan Texas diizinkan aborsi


Seorang hakim di Texas mengizinkan seorang perempuan untuk melakukan aborsi karena kondisi kehamilan yang rumit dan kemungkinan besar tidak dapat bertahan hidup.

Kate Cox, 31, warga Dallas-Fort Worth mengajukan gugatan untuk meminta izin agar Texas untuk sementara tidak menerapkan larangan aborsi.


Ia mengatakan jika aturan ini tetap berlaku kepadanya, maka kehamilannya akan mengancam kesehatan dan kesuburannya di masa depan.

Janin Kate didiagnosis menderita trisomi 18, kelainan genetik yang pada umumnya menyebabkan keguguran atau meninggal sesaat setelah dilahirkan.


Tahun lalu Mahkamah Agung membatalkan keputusan signifikan yang dikeluarkan tahun 1973 untuk melegalkan hak konstitusional orang Amerika atas aborsi.


Sumber : ABC News

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.