Kenapa Gaji KPPS Dibandingkan dengan Abdi Negara Lain?



KABEREH NEWS - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah menjadi viral di media sosial karena dibandingkan dengan abdi negara seperti PNS, TNI, dan Polri. Salah satu perhatian utama terkait KPPS adalah besaran gajinya yang cukup tinggi. 

Pada tanggal 25 Januari 2024, KPPS telah dilantik untuk membantu dalam pelaksanaan pemilu di tempat pemungutan suara (TPS). 

Untuk gaji KPPS, pada Pemilu 2019, gaji KPPS dibagi menjadi dua kategori, yaitu gaji untuk ketua KPPS dan anggota. Besaran gaji ketua KPPS sedikit lebih tinggi daripada anggota. Berikut adalah daftar lengkap gaji KPPS pada Pemilu 2019: 

- Rp 550.000: Ketua KPPS
 
- Rp 500.000: Anggota KPPS 

Sementara itu, pada Pemilu 2024, gaji KPPS mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. 

Skema pembagian gaji antara ketua dan anggota KPPS pada Pemilu 2024 tetap sama dengan sebelumnya, di mana gaji ketua KPPS lebih tinggi daripada anggota. 

Berikut adalah besaran gaji ketua dan anggota KPPS pada Pemilu 2024: 

- Rp 1.200.000: Ketua KPPS 

- Rp 1.100.000: Anggota KPPS 

Selain menerima gaji tersebut, KPPS juga memiliki sejumlah tugas selama pemilu 2024. Tugas KPPS antara lain: 

1. Mengumumkan dan menyerahkan daftar pemilih tetap kepada peserta atau saksi peserta pemilu di TPS, pengawas TPS. 

2. Mengawasi pemungutan suara serta melakukan perhitungan suara di TPS. 

3. Membuat serta menyerahkan laporan dalam bentuk berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan perhitungan suara kepada saksi peserta pemilu, pengawas TPS, PPS, dan PPK. 

Selain tugas-tugas tersebut, KPPS juga memiliki wewenang sesuai dengan peraturan KPU No. 8 Tahun 2022 Pasal 30 ayat (3). Wewenang KPPS antara lain: 

1. Mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS. 

2. Melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

3. Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Demikianlah informasi mengenai gaji KPPS pada tahun 2024 dan 2019. 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.