Rekrutmen CASN 2024 Dimulai Pada Mei Mendatang, Siapkan Diri Anda

KABEREH NEWS | JAKARTA - Rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 yang mencakup seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

Untuk tahap pertama, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang telah disiapkan oleh Badan Kepegawaian negara (BKN).

“Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda termasuk dengan para pengelola kepegawaian,” kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, dikutip dari CNBC, Senin (15/1/2024).

Dia memastikan Kementerian PANRB akan mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik sehingga reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud. ditargetkan konsolidasi usulan instansi pemerintah diselesaikan pada Januari 2024.


“Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024,” ujarnya.


Sementara itu, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja berharap untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah (K/L/D) dapat memasukkan data dalam platform digital.

“Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya,” ungkapnya Aba, dikutip Rabu (10/1/2023).

Adapun, pemerintah berencana melakukan rekrutmen CASN 2024 sebanyak maksimal tiga kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, dia berhadap pemerintah segera mengajukan formasi.

“Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM,” jelasnya.

Pasalnya, pada tahun ini, pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.