BREAKING NEWS - Sejumlah Kecamatan Dibireuen Terendah Banjir

KABEREH NEWS| Bireuen - Hujan deras melanda Kabupaten Bireuen, Aceh sejak Sabtu 21 Januari 2023 pagi, menyebabkan banjir di sejumlah kecamatan. Tak hanya merendam ratusan hektare sawah, banjir hingga Sepinggan orang dewasa juga merendam fasilitas umum di wilayah itu.

Dikutip dari KBA.ONE, hujan yang masih mengguyur Kabupaten Bireuen, menyebabkan banjir mulai dari ujung barat yakni Kecamatan Samalanga, Pandrah, Jeunieb, Peudada, dan Peulimbang, termasuk di pusat Kota Bireuen, yakni Kota Juang. Selain itu, hujan lebat juga menyebabkan saluran irigasi Geulanggang Gampong, jebol pagi tadi.

Yudi, seorang warga Geulanggang Gampong, mengatakan saluran irigasi yang jebol tersebut menyebabkan puluhan hektare sawah penduduk terendam banjir. Tak hanya itu, warga juga mulai menaikkan sejumlah perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi.

"kita berharap banjir bisa surut , namun cuaca masih cukup mendung," ungkap Yudi.

Sementara, Ismail, seorang petani mengatakan baru saja menanam padi, ditakutkan kalau hujan terus menerus selama beberapa hari maka merek akan mengalami gagal panen.

"Apalagi irigasi sudah jebol, jadi bibit padi akan dibawa air semua, kami hanya bisa berupaya untuk menahan air agar tidak masuk ke dalam persawahan," sebut Ismail.

Begitu juga kecamatan lainnya yang ikut terendam banjir hingga selutut orang dewasa, yakni menuju arah timur Kota Bireuen, diantaranya Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krung, Kutablang dan Makmur. 

Bahkan, warga di Kecamatan Makmur yang merupakan wilayah langganan banjir, sudah mulai mengemasi barang mereka khawatir sewaktu-waktu banjir terus meninggi. (Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.