Jutaan Warga Turki Masih Inginkan Erdogan, Unggul Tipis Pemilu Turki 2023

ANKARA | KABEREH NEWS - 


Pemilihan Presiden Turki berdasarkan perhitungan suara sementara, Recep Tayyip Erdogan masih unggul dengan meraih 49,02 persen.


Saingan kuatnya, Kemal Kilicdaroglu meraup 45,2 persen dan Sinan Ogan 5,3 persen pada Pemilu yang belangsung Minggu 14 Mei 2023.


Melihat hasil sementara itu, kemungkinan besar pemilihan presiden Turki harus 2 putaran. Rencanya 28 Mei akan digelar.


Putaran kedua diadakan jika calon presiden tidak memperoleh 50 persen suara.  


Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan untuk sementara memimpin pemilu Turki. Sementara itu perhitungan suara sudah masuk 92 persen suara telah dihitung.


Kandidat presiden ketiga, Sinan Ogan, seorang ultra-nasionalis yang bersekutu dengan Erdoğan, menerima 5,29 persen. "Suara masih dihitung," kata Yener.


Recep Tayyip Erdoğan yang saat ini menjadi petahana yakin jika bakal memenangkan pemilihan. Namun Erdogan masih  menunggu hasil akhir. 


"Kami sudah 2,6 juta suara di depan pesaing terdekat kami. Saya yakin kesenjangan ini akan semakin meningkat dengan hasil akhir," kata Erdogan kepada para pendukungnya di markas Partai AK di Ankara. 


''Saya sangat percaya bahwa kami akan terus melayani masyarakat dalam lima tahun ke depan,” ujarnya disambut sorak-sorai para pendukungnya. 


Sementara itu, rival Erdogan Kilicdaroglu membalas dengan argumennya sendiri. Para penentang mengatakan pemerintah sengaja memperlambat penghitungan di daerah-daerah yang mendapat dukungan kuat dari Kilicdaroglu. 


''Kami adalah pemenangnya," tweet pria berusia 74 tahun itu. 


Imamoglu mengatakan jajak pendapat internal oposisi menunjukkan Kilicdaroglu dengan 49 persen suara dan Erdogan dengan hanya 45 persen. Dia berjanji akan memenangkan pemilihan putaran kedua, jika melihat hasil yang hampir sempurna.(SUMEKS.CO

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.