BKPRMI Aceh Timur safari ramadan ke daerah pedalaman

SANTUNAN: Wakil Sekretaris DPD BKPRMI Aceh Timur, Tgk Yanwar Fakhri, menyerahkan santunan ke bilal di Masjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah, Indra Makmu, Aceh Timur, Minggu (2/4) malam. Foto Dok. BKPRMI Aceh Timur.
SANTUNAN: Wakil Sekretaris DPD BKPRMI Aceh Timur, Tgk Yanwar Fakhri, menyerahkan santunan ke bilal di Masjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah, Indra Makmu, Aceh Timur, Minggu (2/4) malam. Foto Dok. BKPRMI Aceh Timur.



KABEREH NEWS | IDI – Pengurus DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh Timur, melakukan kunjungan Safari Ramadan ke masjid di daerah pedalaman. Salah satunya masjid yang dikunjungi yakni Masjid Besar Baitul Hidayah Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Minggu (2/3/2023) malam.


Kedatangan sejumlah alumni Latihan Mujahid Dakwah (LMD) Level 1 bertujuan untuk menyampaikan dakwah terhadap pemuda remaja dalam memakmurkan masjid dan memperkenalkan BKPRMI di pelosok Aceh. Tim diketuai, Muhammad, S.Pd.I, MA, selaku alumni Latihan Manajemen Dakwah (LMD) Level 1 Zona Sumatera (Medan) Tahun 2020.


Beberapa alumni LMD-1 lainnya yakni Tgk Afandi, S.Pd.I, M.Ag, Yanwah Fahkri, SH, dan Ismuhadi, MSM. “Kunjungan ke Indra Makmu, bertujuan menyampaikan pesan-pesan ke-BKPRMI-an seraya berdakwah mengajak pemuda remaja memakmurkan masjid dan membantu,” ujar Sekretaris Umum DPD BKPRMI Aceh Timur, Muhammad Ishak, usai Safari Ramadan di Masjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah, Indra Makmu, Aceh Timur.


Selain mengenalkan BKPRMI ke daerah pelosok, lanjut alumni Pascasarjana UIN Medan ini, pihaknya juga menyampaikan secara mendalam proses kaderisasi yang dimulai dari LMD-1, LMD-2 dan LMD-3. Bahkan untuk menduduki jabatan ketua umum di daerah diwajibkan harus lulus minimal LMD-1.


Cek Mad, sapaan Muhammad Ishak itu juga menyebutkan tujuh lembaga otonom dibawah paying BKPRMI, yaitu LPPSDM, LPPTKA, LPPKS, LPPKM, LPPEKOP, LBHA, dan Brigade Masjid. “Nah, Brigade Masjid ini bisa diberdayakan sebagai pengamanan masjid, apalagi dilengkapi dengan seragam lengkap Brigmas,” ujarnya.


Disisi lain, BKPRMI Aceh Timur, Cek Mad juga mengatakan bawah pasca pelantikan akhir 2020 lalu pihaknya telah menggelar Festival Anak Saleh Indonesia (FASI). Bahkan pemenang pertama di setiap cabang dari jenjang TKA, TPA dan TQA telah dibawa untuk mengikuti FASI BKPRMI Se-Aceh di Banda Aceh akhir tahun 2022.


“Mudah-mudahan FASI ke depan, masih memiliki kesempatan untuk bersaing di tingkat provinsi dan nasional,” timpa Cek Mad, seraya menambahkan, setelah terbentuk DPK BKPRMI Indra Makmu nantinya dapat melakukan seleksi peserta melalui FASI di tingkat kecamatan dengan harapan peserta terbaik dari Indra Makmu dapat menjadi duta Aceh ke FASI Nasional di tahun yang akan datang.


Dalam Safari Ramadan keketiga di Indra Makmu, Tgk Afandi, S.Pd.I, M.Ag, menyampaikan tausiah mengupas hikmah malam qadar atau lailatul qadar, dimana setiap umat Islam yang beribadah di malam tersebut sama seperti beribadah 1000 bulan diluar Ramadan. “Mari kita makmurkan masjid, ajak suami istri dan anak-anak untuk beritikaf bersama di masjid sampai selesai Ramadan,” ujar Tgk Afandi.


Kedatangan Tim Safari Ramadan 1444 hijriyah kali ini disambut hangat Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah – Indra Makmu. Hadir Keuchik Alue Ie Mirah, Romy Saputra dan Imam Mukim Alue Ie Mirah, Iswandi serta remaja masjid dan tokoh masyarakat. Dalam kunjungan itu, BKPRMI Aceh Timur juga ikut menyerahkan Alqur’an untuk Masjid Baitul Hidayah Alue Ie Mirah dan menyantuni bilal. (Redaksi)

0/Post a Comment/Comments