Tips Berpuasa Bagi yang Mengalami Sakit Magh

ilustrasi

KABEREH NEWS  -Bulan Ramadan merupakan waktu yang penuh berkah bagi umat Muslim, di mana umat Islam menjalankan ibadah puasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Bagi penderita maag, menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa dapat menjadi tantangan.

Artikel ini memberikan tips yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk membantu penderita maag menjalani puasa dengan nyaman dan tanpa masalah.

1. Sahur yang Sehat dan Tepat Waktu:
Pilih makanan yang ringan dan mudah dicerna untuk sahur. Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam. Pastikan sahur dilakukan tepat waktu untuk memberikan energi sepanjang hari.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Merangsang Asam Lambung:
Kurangi konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak, serta minuman berkafein. Hindari minuman bersoda dan perasanan, yang dapat merangsang produksi asam lambung.

3. Konsumsi Buah dan Sayuran Berserat:
Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam makanan berbuka dan sahur. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit, yang bisa menjadi masalah bagi penderita maag.

4. Minum Air dengan Cukup:
Pastikan untuk minum air yang cukup selama waktu berbuka dan sahur. Hindari minuman berkafein dan beralkohol, karena keduanya dapat meningkatkan risiko iritasi lambung.

5. Pilihan Karbohidrat yang Baik:
Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal untuk memberikan energi secara bertahap dan mengurangi potensi iritasi pada lambung.

6. Makan dalam Porsi Kecil dan Sering:
Daripada makan dalam satu waktu yang besar, pilih untuk makan dalam porsi kecil dan sering. Hal ini membantu mengurangi beban lambung dan mencegah terjadinya kelebihan asam lambung.

7. Hindari Menggunakan Suplemen Berlebihan:
Jika Anda menggunakan suplemen, hindari mengonsumsi dalam jumlah berlebihan, terutama suplemen yang dapat merangsang produksi asam lambung.

8. Beristirahat dengan Cukup:
Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setelah berbuka dan sebelum sahur. Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi stres dan mendukung kesehatan pencernaan.

9. Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan:
Jika Anda memiliki kondisi maag yang lebih serius, seperti tukak lambung, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan atau dokter sebelum memulai puasa. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

10. Perhatikan Respons Tubuh:
Amati respons tubuh Anda selama bulan puasa. Jika mengalami gejala yang tidak nyaman, seperti sakit perut atau mual, segera hentikan aktivitas puasa dan konsultasikan dengan dokter.

Sumber artikel; GridHEALTH.id

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.