Aceh Timur Seleksi Atlit Popda, Di Ikuti 590 Peserta

IDI RAYEUK | KABEREH NEWS Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur mulai membuka seleksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2024 yang akan berlaga di Popda ke XVII di Aceh Timur. Seleksi dimulai 9 dan 10 Maret 2024.

Hal itu disampaikan kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga DISPARPORA Kabupaten Aceh Timur, Syahril, S,STP, M.AP dalam siaran persnya, ,Minggu 10 Maret 2024. 

Syahril menyebutkan sejak dibuka seleksi sebanyak 590 peserta berpartisipasi mengikuti seleksi pada 13 cabang olahraga. Adapun cabang olahraga yang dibukan seleksi yaitu, atletik, sepak bola, tarung drajat, basket, bola volley, sepak takraw, bulu tangkis, karate, pencak silat, kempo, taekwondo, dan tenis meja.

Seleski difokuskan pada empat lokasi yaitu untuk atletik sendiri dilaksankan tes di (SMPN 1 Peudawa) sepak bola di (Stadion Mon 9 Idi Rayeuk), Tarung drajat (Birem Bayeun) sedangkan sisa cabor lainnya dipusatkan di gedung Idi Sport Center (ISC).

Syahril menjelaskan berdasarkan Petunjuk Juknis Dispora Aceh Tahun 2024 Tentang Persyaratan Atlet POPDA XVII ACEH Tahun 2024, maka Disparpora Aceh Timur menyeleksi atlet dengan kualifikas, pertama Kelahiran 1 Januari 2007 atau sesudahnya dan saat ini masih berada di kelas X (Sepuluh) Menengah Atas atau Sederajat.

Selanjutnya Berstatus Pelajar Aktif, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah dan terkahir membawa fotocopy dokumen berupa STTB SMP, Raport, Akte Kelahiran dan NISN saat pelaksanaan seleksi.
“Alhamdulillah, putra- putri Aceh Timur sangat antusias dalam ikut seleksi ini. Tim seleksi sangat focus untuk mencari bibit atlet untuk bertanding membawa harum nama kabupaten Aceh Timur,” imbuh Syahril.

Tuan Rumah atas Inisiasi Mantan Bupati Rocky 

Sementara itu Syahril mengakui untuk melobi menjadi tuan rumah menjadi Penyelenggara Popda tidak lah mudah. Untuk Aceh Timur Syahril menyebut atas inisiasi Bupati Aceh Timur H. Hasballah BiN M. Thaib pada tahun 2022 menjadi semangat untuk memboyong tuan rumah Popda ke 17.

“Atas perintah langsung Bupati Rocky menjadi semangat untuk mendaftarkan diri sebagai calon kuat tuan rumah Popda ke 17. Dan Alhamdulilah kita sudah capai pada puncak menjadi penyelenggara,” pungkas Syahril.

Syahril menyebutkan Popda merupakan moment untuk mempromosikan berbagai potensi kabupaten Aceh Timur untuk daerah lainya. Oleh sebab itu ia berharap semua pihak dapat mendukung menyuksekan perhelatan even bergensi itu. 

“Pergelaran popda akan ramai dikunjungi oleh tamu berbagai Kabupaten Kota di Aceh. Kita akan menjadi tuan rumah dan memberikan pelayanan yang terbaik. Insya Allah Popda akan berdampak positif untuk kabupaten Aceh Timur,” demikian tutup Syahril. (Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.