5 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuatmu Awet Muda

"5 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membuatmu Awet Muda"

KABEREH NEWS | JAKARTA - Kesehatan dan kecantikan adalah dua hal yang seringkali diimpikan oleh banyak orang. Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang bugar, kulit yang segar, dan tampilan yang awet muda? Untuk mencapai hal tersebut, tak hanya memerlukan perawatan luar, tetapi juga perawatan dari dalam. Inilah mengapa menjaga kesehatan dengan baik sangat penting.

Awet muda adalah impian banyak orang, dan untuk mewujudkannya, penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Meskipun tidak ada cara ajaib untuk menghentikan proses penuaan, ada beberapa kebiasaan sehat yang dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan tampak lebih muda. Berikut ini ada lima kebiasaan sehat yang bisa membuatmu awet muda. Yuk, simak selengkapnya di sini, Sahabat Fimela.

1. Minum Air Putih yang Cukup
minum air putih

Minum air putih./Copyright shutterstock.com/g/KPG+Ivary

Minum air putih adalah kebiasaan sehat yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh kita. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kulit akan terlihat lebih segar dan kencang. Selain itu, air membantu membersihkan racun dalam tubuh, yang dapat berdampak positif pada penampilan fisik kita.

Kurangnya asupan air dapat membuat kulit terlihat kering, keriput, dan bahkan menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air putih sehari. Jika kamu tidak suka air biasa, kamu bisa menambahkan irisan lemon atau potongan buah-buahan segar ke dalam airmu untuk memberikan sedikit rasa.

2. Tidur Cukup dengan Jadwal yang Teratur
Ilustrasi selamat pagi, pagi hari, bangun tidur

Ilustrasi selamat pagi, pagi hari, bangun tidur. (Image by lifeforstock on Freepik)

Tidur adalah waktu di mana tubuh kita melakukan perbaikan dan regenerasi. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat mempengaruhi penampilan fisik kita. Kulit yang tidak mendapatkan cukup istirahat akan terlihat pucat, mata akan tampak bengkak, dan garis-garis halus akan lebih terlihat.

Selain itu, tidur yang cukup juga membantu mengatur hormon dalam tubuh, seperti hormon stres (kortisol) dan hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan membantu memperbaiki jaringan kulit dan merangsang produksi kolagen, yang membuat kulit tetap elastis dan terlihat lebih muda.

Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam dan coba untuk menjaga jadwal tidur yang teratur. Hindari begadang atau tidur terlalu larut, karena ini dapat mengganggu siklus tidur alami tubuh.

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan dan Nutrisi Penting

sarapan protein, Manfaat sarapan yang kaya protein/Copyright,shutterstock.com/g/Chaay_Tee

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kulit dan tubuh tetap sehat dan awet muda. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan salmon dan kacang-kacangan, dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan elastis. Selain itu, protein juga penting untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Pastikan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang seimbang, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein sehat. Hindari makanan cepat saji dan makanan yang tinggi gula, karena ini dapat merusak kulit dan membuat tubuh terlihat lebih tua.

4. Berolahraga Rutin untuk Memperlancar Sirkulasi Darah dan Menjaga Kebugaran
olahraga sehat

ilustrasi perempuan lari pagi/PBXStudio/Shutterstock
Olahraga adalah salah satu kunci utama untuk awet muda. Saat kamu berolahraga, aliran darah meningkat, yang membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan produksi hormon endorfin, yang membuat kita merasa bahagia dan rileks. Stres yang berlebihan dapat mempercepat penuaan, jadi menjaga stres tetap terkendali adalah kunci penting untuk awet muda.

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Ini bisa berupa berjalan kaki, jogging, bersepeda, atau aktivitas fisik lain yang kamu nikmati. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar melindungi otot dan sendi dari cedera.

5. Mengelola Stres Melalui Teknik

Relaksasi
Ilustrasi sabar, tenang, kalem
Ilustrasi sabar, tenang, kalem. on Freepik)

Stres adalah salah satu faktor utama yang dapat mempercepat penuaan. Ketika kita stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol, yang dapat merusak kolagen dalam kulit dan menyebabkan kerusakan sel.

Untuk mengelola stres, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. Ini dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga kamu dapat menghadapi stres dengan lebih baik.

Selain itu, penting juga untuk merencanakan waktu untuk diri sendiri dan melakukan aktivitas yang kamu nikmati. Ini bisa berupa membaca, berkebun, atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Menyimpan waktu untuk bersenang-senang dan bersantai adalah kunci untuk menjaga keseimbangan hidup dan awet muda.

Menjaga kebiasaan sehat seperti minum air putih yang cukup, tidur dengan jadwal yang teratur, mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin, dan mengelola stres adalah langkah-langkah penting untuk menjaga tubuh kita tetap bugar dan tampak awet muda.

Kesehatan dan kecantikan tidak hanya datang dari perawatan luar, tetapi juga perawatan dari dalam. Dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan ini, kamu dapat merasa lebih baik, tampil lebih muda, dan tetap sehat sepanjang hidupmu. Jadi, mulailah hari ini dengan merangkul gaya hidup sehat ini untuk masa depan yang lebih cerah dan awet muda.

Sumber: Fimela.com


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.