Dayah Babul Maghfirah Terbakar, Pj Bupati Perintahkan Tim Bergerak Cepat




KABEREH NEWS | ACEH BESAR - Musibah kebakaran melanda Dayah (Pesantren) Babul Maghfirah Cot Keueng, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (25/01/2024) pagi. Musibah amuk api saat santri mulai proses belajar pagi itu, membuat sedikitnya 11 ruang penginapan santri wanita, rumah pimpinan pesantren, kantin dan bank santri ludes terbakar.

Pimpinan Dayah Babul Maghfirah, Ustadz Masrul Aidi Lc mengatakan, kebakaran bermuasal dari kantin dayah yang secara cepat merembet menghanguskan unit bangunan lainnya.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang mengetahui musibah itu saat sedang paparan laporan di Kemendagri, langsung memerintahkan tim terkait di Aceh Besar untuk bergerak cepat mengatasi musibah di dayah asuhan Teungku Masrul Aidi itu. "Atas nama pribadi, keluarga dan seluruh rakyat Aceh Besar, kami mengucapkan duka cita sedalam dalam nya atas musibah itu. Kami juga telah perintahkan tim terkait untuk mendata kerusakan dan kerugian akibat musubah yang juga cobaan Allah itu," ungkap Iswanto yang secara khusus menelepon dari Jakarta.


Merespon instruksi Pj Bupati Muhammad Iswanto itu, BPBD Aceh Besar secara all out turun ke lapangan dengan melibatkan sedikinya 11 armada Pemadam Kebakaran (Damkar), dibantu dua unit Damkar Kota Banda Aceh. "Kita menurunkan armada dari Pos Kuta Baro yang baru diresmikan, armada Pos Kajhu dan dari Pos Induk Sibreh. Dan juga didukung oleh 25 orang personil," ujar Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi.

Operasi pemadaman hingga pendinginan berlansung hingga pukul 12.00 WIB jelang dhuhur. "Alhamdulillah setelah beberapa jam tim kita bekerja, jelang dhuhur api dapat dipadamkan, dan tak ada korban jiwa," ungkap Ridwan Jamil.

Sementara itu, Plt Kadis Sosial Aceh Besar Aulia Rahman SSTP MSi secara terpisah mengatakan, pihaknya terus mendata dampak dari musibah amuk sijago merah itu. Dengan melibatkan tenaga Tagana dan TKSK kecamatan tersebut. "Insya Allah dalam dua hari ini data akan tuntas dan valid. Setelah itu Pak Pj Bupati akan turun langsung ke lokasi musibah untuk menyalurkan bantuan masa panik," tutur Aulia.

Ditambahkan saat ini Dinsos Aceh Besar telah mendirikan dua tenda induk di lokasi kebakaran, sebagai lokasi alternatif untuk santri korban terdampak kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan, tampak para tokoh Aceh Besar dan Aceh berkunjung ke Dayah Babul Maghfirah untuk menyatakan rasa keprihatinan.

Sementara Pemerintah Aceh melalui Dinsos Aceh juga tampak sedang menyalurkan bantuan masa panik, dipimpin oleh Muslim Kadinsos Aceh.(

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.