Terdampar Sejumlah Eksodus dari "Kutupalong Refugee Camp" di Pulau Weh


SABANG, KABEREH NEWS
Sekitar 219 imigran Rohingya gelombang keenam mendarat di Sabang, Aceh. Mereka tiba di pinggir pantai saat tengah malam.

Melansir dari detikSumut, pengungsi Rohingya yang terdiri dari 56 anak-anak, 92 perempuan, dan 72 laki-laki itu tiba di Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, sekitar pukul 23.00 WIB, Selasa (21/11/2023). Mereka lalu dikumpulkan di pinggir pantai.

Warga sekitar mendatangi lokasi untuk melihat Rohingya yang baru mendarat. Masyarakat harus menggunakan senter karena di lokasi tidak ada penerangan."Jumlah mereka sekitar 219 orang," kata Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek mengutip detikSumut, Rabu (22/11).


Tim gabungan TNI Polri telah berada di lokasi untuk melakukan pengamanan. Pihak terkait masih mendata jumlah mereka. Belum diketahui lokasi yang dipilih sebagai tempat penampungan sementara.



Diketahui, dalam dua pekan terakhir sudah enam kapal yang membawa imigran Rohingya berlabuh di Aceh. Gelombang pertama datang pada Selasa (14/11) di Pidie. Dalam enam gelombang tersebut, terdapat hampir 1.000 imigran yang sudah tiba di Tanah Rencong.

Namun kedatangan mereka tidak semuanya mulus. Mereka yang mendarat di Bireuen dan Aceh Utara mengalami penolakan oleh masyarakat setempat.(*)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.