Pj Bupati Bireuen Lepas 41 Kafilah MTQ ke Simeulue



KABEREH NEWS | BIREUEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen melakukan pelepasan pemberangkatan kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Aceh 2023 ke Simeulue.

Pelepasan kafilah MTQ Bireuen itu, digelar di Aula kantor DSI Bireuen, Senin (20/11/2023).

Dalam laporannya, Kepala DSI sekaligus pimpinan kafilah MTQ, Anwar SAg MAP mengatakan, MTQ merupakan wahana mencetak generasi qurani.

"Alhamdulillah, Bireuen sudah mempersiapkan peserta MTQ ke 36 di Kabupaten Simeulue yang akan digelar mulai 26 November 2023 sampai dengan 2 Desember 2024. Hari ini, rangkaian terakhir setelah kita laksanakan Training Center (TC) pada minggu sebelumnya," ujar Anwar.

Ia merincikan, sejumlah 41 anggota kafilah siap diberangkatkan ke Simeulue, terdiri dari peserta cabang tilawah 4 orang, qiraah shab’ah 2, hifzil quran 2, tafsir quran 2, fahmil quran satu regu putera 3 orang, syarhil quran satu regu puteri 3, khattil quran 5, dan peserta karya tulis ilmiah quran (KTIQ) 1 orang.

"Sejumlah 4 orang pelatih juga diberangkatkan, ditambah 4 official, 3 sopir, 6 panitia, satu orang tenaga medis, dan satu tenaga admin MTQ," rinci Kepala DSI Bireuen.

Direncanakan, keberangkatan kafilah pada Rabu 22 November 2023 pukul 10 WIB dari Bireuen menggunakan mini bus.

"Pemulangan kafilah dilakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama 2 Desember 2023 direncanakan pulang via kapal laut jumlah 36 orang rute Simeulue – Labuhan Haji, dan tahap kedua 4 Desember 2023 pulang 5 orang rute Simeulue-Calang," sebut Anwar.

Sementara itu, Pj Bupati Bireuen Dr Aulia Sofyan PhD dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus LPTQ, pelatih dan panitia yang dengan sungguh-sungguh telah mempersiapkan para peserta untuk mengikuti MTQ Aceh ke-36 di Kabupaten Simeulue.

"Berkat bimbingan ustad dan ustazah, telah lahir bibit-bibit unggul melalui Pemusatan Latihan (TC) dengan durasi waktu enam hari.

Smoga transfer ilmu dari para tutor selama TC dapat memberikan pencerahan dan menambah referensi bagi peserta musabaqah agar tampil lebih percaya diri, sehingga dapat meraih prestasi terbaik dalam MTQ Aceh nantinya," harap Aulia Sofyan. (Redaksi)

0/Post a Comment/Comments