Diskominfo Gelar Pelatihan Pengelolaan Portal Open Data Statistik Sektoral Kabupaten Aceh Timur


KABEREH NEWS | ACEH TIMUR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Aceh Timur menggelar Pelatihan Pengelolaan Portal Open Data Statistik Sektoral Kabupaten Aceh Timur, di Aula Sekdakab setempat, Rabu (02/08/2023).


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Aceh Timur, Nauli, S.STP, M.AP melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Zatul Fadhli, M.I.Kom mengatakan, pelatihan tersebut dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan yang berkualitas dan terpadu, diperlukan penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Aceh Timur yang akurat, mutakhir, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan, serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan.


Katanya, dalam upaya mengimplementasikan penyelenggaraan satu data Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika yang memiliki wewenang sebagai walidata di Kabupaten Aceh Timur telah mengelola sebuah platform berbagi pakai yaitu portal Open Data Aceh Timur yang hadir sebagai portal data terbuka yang menyediakan data akurat dari seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Aceh Timur.


“Pengelolaan portal open data ini tentu saja membutuhkan tim pelaksana dan operator yang mumpuni yang dapat mengelola data secara komprehensif, untuk itu diperlukan kegiatan yang dapat mewujudkan hal tersebut. Pelatihan Statistik Sektoral untuk operator dari produsen data (Perangkat Daerah) menjadi pilihan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan statistik sektoral di Kabupaten Aceh Timur,” jelas Zatul Fadhli.


Dia menambahkan, tujuan pelatihan tersebut untuk melaksanakan pelatihan secara teknis bagi PNS dan Perangkat Daerah dalam pengelolaan portal open data masing-masing perangkat daerah di Kabupaten Aceh Timur sebagai walidata pendukung dan produsen data.


“Pelatihan bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah, Meningkatkan kapasitas tentang penyelenggaraan data dan statistik sektoral kepada Perangkat Dinas di Kabupaten Aceh Timur, mensinkronasikan dan mengkoordinasikan Data Statistik Sektoral di Kabupaten Aceh Timur, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan tata kelola portal open data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan daerah,” papar Kabid Persandian dan Statistik Diskominfo Aceh Timur. (Redaksi).

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.