Diduga Biaya Perjalanan Dinas Pj Bupati Ateng Gunakan Dana OPD

 Ilustrasi. Foto: Net. 

ACEH TENGAH - Biaya perjalanan dinas Penjabat Bupati Aceh Tengah, T Mirzuan diduga menggunakan dana Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Hal itu, terungkap dari pengakuan sejumlah kepala OPD yang dibawa ikut serta dalam agenda perjalanan dinas keluar daerah tersebut. 

Mengutip AJNN, Oknum kepala OPD mengatakan, setiap berangkat keluar daerah bersama Pj Bupati, mereka harus membayar penginapan, tiket bahkan kebutuhan pribadi orang nomor satu di Aceh Tengah itu. 

"Kami diajak ikut serta, bertujuan untuk memfasilitasi segala kebutuhan akomodasi dan keperluan sehari-hari Pj selama beraktivitas di luar daerah," kata sumber terpercaya AJNN itu, Rabu, 23 Agustus 2023. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala OPD lainnya yang menilai itu sangat membebani mereka. 

Menurutnya, seharusnya Pj menggunakan dana yang telah dialokasikan daerah untuk biaya itu, jangan bebankan ke anggaran OPD.

"Ini seperti ingin keluar daerah gratis dan dana perjalan Dinas Pj masuk kantong pribadi," timpal Kepala OPD lain. 

Sementara itu, Sekretaris Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Aceh Tengah, Hamzah menduga anggaran yang telah dihabiskan untuk kegiatan di luar daerah tersebut sudah mencapai Rp1 miliar. 

"Harus ada pertanggungjawaban dan publikasi hasil dari kegiatan, jadi jangan seperti turis aja," ungkap Hamzah. 

Sebelumnya, Pj Bupati T Mirzuan dalam kunjungannya ke luar daerah untuk menindaklanjuti usulan atau peluang yang ditawarkan Kementerian, "Memang hasilnya belum bisa dirasakan sekarang, tahun kedepan baru bisa dinikmati," jelas Mirzuan. 

Mirzuan juga mengatakan salah satu terobosan yang dilakukan yakni melaksanakan car free day pada Minggu, dan menurutnya  belum pernah dilakukan bupati sebelumnya.  "Kegiatan ini juga meningkatkan pendapatan usaha kecil," imbuh Mirzuan.***

Salinan ini telah tayang di https://www.ajnn.net/.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.