Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Mudik Gratis BUMN 2023 Online serta Syarat dan Jadwalnya

KABEREH NEWS | Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membuka program mudik gratis BUMN 2023 pada hari ini, Rabu (15/3/2023), sejak pukul 13.00 WIB.

Program mudik gratis BUMN 2023 diselenggarakan dengan tujuan untuk mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi.

Program yang bertajuk “Mudik Di Nanti Mudik Di Hati Bareng BUMN 2023” dikepalai oleh PT Jasa Raharja. Program mudik bareng BUMN 2023 memiliki total kuota sebanyak 65.603 pemudik untuk moda transportasi bus, kereta api, dan kapal laut.

Masyarakat sekarang sudah bisa daftar mudik gratis BUMN 2023. Namun, untuk saat ini, tampaknya mudik gratis dengan moda transportasi kapal laut masih belum tersedia. Lantas, bagaimana cara daftar mudik gratis BUMN 2023?

Sebelum melakukan pendaftaran mudik gratis BUMN 2023, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian BUMN, adapun rincian syarat mudik gratis BUMN 2023 adalah sebagai berikut.

Syarat daftar mudik gratis BUMN 2023

Peserta mudik gratis harus memiliki akun aplikasi JRku. Aplikasi JRku bisa diunduh via Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).

Memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK.

Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku.

Harus memiliki SIM C yang aktif.

Pendaftar dan peserta yang didaftarkan harus dalam satu keluarga.

Syarat daftar mudik gratis BUMN 2023 harus dipenuhi. Jika salah satu tak terpenuhi, masyarakat tak bisa menjadi daftar jadi peserta mudik gratis BUMN 2023. Setelah memahami syarat di atas, berikut adalah cara daftar mudik gratis BUMN 2023.

Cara daftar mudik gratis BUMN 2023

Kunjungi link pendaftaran mudik gratis BUMN 2023 ini https://mudik.jasaraharja.co.id.

Pada halaman awal situs, silakan klik opsi “Daftar” untuk melakukan pendaftaran akun.

Selanjutnya, pilih moda transportasi yang hendak digunakan untuk mudik.

Cari tiket dengan memasukkan lokasi asal dan tujuan mudik. Lalu, Masukkan juga jumlah pemudiknya.

Jika tiket tersedia, calon pemudik dapat melengkapi data diri dan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Selanjutnya, situs bakal memverifikasi kelengkapan data tersebut.

Bila data terverifikasi, situs bakal memberikan tiket elektronik ke peserta mudik.

Simpan tiket elektronik tersebut untuk ditunjukkan ke petugas di tempat keberangkatan nanti.

Cukup mudah bukan cara daftar mudik gratis BUMN 2023? Untuk diketahui, terdapat perbedaan lokasi dan jadwal keberangkatan antara moda transportasi kereta dan bus dalam program mudik gratis BUMN 2023.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak lokasi dan jadwal keberangkatan mudik gratis BUMN 2023 di bawah ini.

Lokasi dan jadwal keberangkatan mudik gratis BUMN 2023

Kereta: keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada 15 dan 16 April 2023 dengan tujuan akhir Surabaya, Malang, Blitar, Solo, dan Yogyakarta.

Bus: keberangkatan dari Ring Road Gelora Bung Karno Jakarta pada 18 April 2023 dengan tujuan akhir Wonogiri, Surakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, Grobokan.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara daftar mudik gratis BUMN 2023 serta syarat dan jadwalnya. Bila terdapat kendala atau pertanyaan lebih lanjut terkait program ini silakan hubungi Call Center di nomor WhatsApp 081323238700.

Sumber artikel by Kompas.com
Pewarta : Ayahdidien 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.