Sejumlah Daerah di Aceh Dilanda Banjir, Warga Mulai Mengungsi


KABEREH NEWS | Banda Aceh - Banjir luapan merendam sejumlah daerah di Aceh. Banjir terjadi setelah Tanah Rencong usai diguyur hujan deras sejak tadi malam.


Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), sejumlah desa terendam banjir di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, dan Aceh Tengah. Selain banjir, di sejumlah titik juga terjadi longsor.


Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih mendata jumlah desa yang terdampak banjir. Ketinggian air di perkampungan disebut mencapai 80 centimeter.


"Di kabupaten Pidie tepatnya di Desa Dayah Tutong sebanyak 179 warga mengungsi ke meunasah setempat," kata Kepala BPBA Ilyas kepada wartawan, Sabtu (21/1/2023).


Menurutnya, ratusan warga di Kecamatan Samalanga Bireuen juga sudah mengungsi. Sebagian warga disebut mengungsi ke gedung Dayah Ummul Ayman, Dayah Putri Muslimat dan Dayah Baitul Ihsan.


Sementara di Aceh Tengah, hujan deras menyebabkan banjir dan tanah longsor. Material longsor menutupi badan jalan nasional di KM 50 Jalan Lintas Takengon-Blangkejeren, Kecamatan Linge.


"Sampai dengan saat ini jalan belum bisa dilalui baik roda 2 maupun roda 4," jelas Ilyas.


Hingga sore ini, hujan masih mengguyur wilayah Aceh. Di Banda Aceh, hujan sempat reda siang tadi namun kembali deras pada sore hari. (Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.