Gelombang Diprediksi 3 Meter, Ancaman Tsunami Berlalu Setelah Gempa Meksiko

Kaberehnews.online - Gempa dengan magnitudo 7,7 mengguncang pantai barat daya Meksiko pada Senin, 19 September 2022, menewaskan sedikitnya satu orang, dengan guncangan dilaporkan hingga Kota Meksiko.

Peringatan tsunami awalnya dikeluarkan segera setelah gempa tetapi sejak itu direvisi. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa ancaman tsunami “sebagian besar telah berlalu.” Pembacaan terbaru oleh lembaga itu juga menunjukkan penurunan ketinggian gelombang.

Gelombang yang mencapai hingga 3 meter (9,8 kaki) sebelumnya diprediksi melanda Meksiko dan terjadi di sepanjang pantai Pasifik Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, Panama, dan Peru.

Berita itu muncul pada peringatan kelima gempa tahun 2017 yang menewaskan 216 orang di Mexico City.

Pusat gempa berkekuatan 7,1 itu berada 4,5 km (2,8 mil) timur-timur laut San Juan Raboso dan 55 km (34,1 mil) barat daya kota Puebla, di negara bagian Puebla, USGS melaporkan pada saat itu.

Gempa terjadi tepat setelah pukul 1 siang EST, dengan pusat gempa terjadi sangat dekat dengan garis pantai di wilayah yang jarang penduduknya di negara bagian Michoacan, menurut data Survei Geologi AS.

Di Colima, sekitar 100 kilometer (62 mil) dari pusat gempa, guncangan yang sangat kuat yang mampu menyebabkan kerusakan "sedang", sementara di Mexico City, sekitar 500 km (310 mil) jauhnya, guncangan "ringan hingga sedang" dilaporkan.

Saluran berita lokal melaporkan bahwa petugas pemadam kebakaran menutup beberapa bangunan di Mexico City untuk umum karena khawatir akan runtuh.

Satu orang kehilangan nyawanya di sebuah pusat perbelanjaan di Manzanillo di negara bagian Colima barat setelah pagar jatuh, Presiden López Obrador mengatakan di media sosial, mengutip José Rafael Ojeda Durán, Sekretaris Angkatan Laut.

Belum ada korban atau kerusakan yang diketahui di Mexico City, menurut walikota kota itu, Claudia Sheinbaum.

Magnitudo gempa awalnya dilaporkan oleh US Geological Survey (USGS) sebagai 7,6. Badan seismologi nasional Meksiko kemudian memperbarui besarnya menjadi 7,7 dalam konferensi pers pada hari Senin.

Menurut USGS, gempa melanda sekitar 37 kilometer tenggara kota Aquila, dengan kedalaman sekitar 15,1 kilometer (9 mil)

Sumber: Tempo.co

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.